Desember 11, 2011

SISTEM ADMINISTRASI NEGARA (Part I)

Hi Guys!
Kali ini aku mau berbagi a basic lesson tentang "Sistem Administrasi Negara", ilmu ini merupakan aspek dasar dari seluk beluk ilmu administrasi negara. nah, mata kuliah ini pasti diwajibkan buat semua mahasiswa administrasi negara/publik dikampus-kampus. oke, langsung saja selamat menyimak ya..

A. PENGERTIAN SISTEM
  • Suatu konsep ekologis yang menunjukkan adanya suatu organisasi yg berinteraksi dengan lingkungan yang mempengaruhi maupun yang dipengaruhinya. (GABRIEL L ALMOND)
  • Seperangkat tujuan yang bersama-sama dengan interelasi diantara tujuan dan atribut-atributnya dihubungkan satu sama lain, serta dihubungkan dengan lingkungan sedemikian rupa sehingga membentuk satu keseluruhan. (SCHODERBECK)
  • Seperangkat elemen yang saling melakukan interaksi. (RUSELL L ACKOFF)

B. KARAKTERISTIK SISTEM by SCHODERBECK
         Interelasi dan interdependensi,
Setiap sistem mempunyai berbagai elemen / subsistem yang saling berkaitan dan bergantung satu sama lain. Jika elemen / subsistem tidak saling berkaitan dan berdiri sendiri, maka tidak akan pernah terbentuk suatu sistem.
         Holisme,
 Setiap pendekatan sistem mewajibkan pengamatan dimulai dari keseluruhan bukan dari elemen satu persatu, elemen dilihat dalam kaitan dan ketergantungannya dengan keseluruhan elemen sistem lainnya.
         Sasaran,
Sistem mengakibatkan terjadinya interaksi antar elemen /subsistem. Interaksi akan menghasilkan suatu keadaan yang memungkinkan aktivitas-aktivitas dalam sistem mencapai tujuan yang telah ditentukan.
         Masukan dan keluaran,
Semua sistem memerlukan masukan untuk mencapai tujuannya, hanya dengan masukan suatu sistem bekerja. Di samping itu semua sistem menghasilkan keluaran yang diperlukan bagi sistem yang lain.
         Transformasi,
Semua sistem selalu mengubah masukan untuk menjadi keluaran. Apa yang diterima oleh sistem akan diolah sedemikian rupa sehingga bentuk dari keluaran akan berbeda dari bentuk awalnya.
         Entropi,
Semua sistem memiliki “batas kehidupan”.
         Regulasi,
Semua sistem menghendaki agar semua elemen yang saling berkait dan bergantung diatur interaksinya agar semua tujuan sistem dapat tercapai.
         Hirarkhi,
Semua sistem secara keseluruhan terdiri dari subsistem-subsistem. Jaringan yang meliput seluruh subsistem, dan subsistem yang lebih kecil adalah hirarki.
         Diferensiasi,
Setiap elemen / subsistem akan melaksanakan fungsi-fungsi yang tertentu. Setiap elemen / subsistem memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain.
         Equifinality 
Suatu keadaan dapat dicapai dengan berbagai macam cara yang berbeda berujung pada kondisi keseimbangan.

C. TINJAUAN TERHADAP SISTEM
1. Dilihat sebagai Suatu himpunan.
Ada keseluruhan dari elemen / subsistem, saling berhubungan, mempengaruhi dan tergantung, ada pencapaian tujuan.
2. Dilihat sebagai suatu proses.
Ada unsur masukan / input ; proses / konversi / convertion ; keluaran / output ; umpan balik / feedback, dan lingkungan.
 
D. PENGERTIAN ADMINISTRASI NEGARA
  • Usaha kelompok yang bersifat kooperatif yang diselenggarakan dalam suatu lingkungan publik,
  • Meliputi seluruh cabang pemerintahan (eksekutif yudikatif dan legislatif) serta pertaliannya,
  • Mempunyai peranan penting dalam formulasi kebijakan publik dan merupakan bagian dari proses politik,
  • Berbeda dengan administrasi privat,
  • Berhubungan erat dengan kelompok privat dan individual dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Felix A. Nigro) 
E. PENGERTIAN SISTEM ADMINISTRASI NEGARA
  • Sistem dari masukan, proses, keluaran dan umpan balik.
  • Masukan / input terdiri dari raw input, instrumental input dan environmental input atau bisa juga serial input, random input dan portion input.
  • Proses / konversi / transformasi yang akan merubah semua masukan dikonversi atau diproses menjadi keluaran. Pengubahan dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi dan penganggaran.
  • Keluaran menunjukkan apa saja yang telah dihasilkan oleh administrasi yaitu pelayanan barang dan jasa yang dapat bersifat fisik dan perilaku.
  • Umpan balik menunjuk pada proses lebih lanjut dari satu keluaran untuk menjadi keluaran baru. 

Tidak ada komentar: