Desember 03, 2011

Jika Aku Jadi Anggota DPD-RI

Berangkat dari keprihatinanku melihat kondisi negeri ini, tiba-tiba aku ingin menulis cita-citaku untuk memperbaiki kondisi negeri ini. Andai aku ditakdirkan oleh Yang Kuasa tuk menjadi anggota DPD-RI, aku akan memperhatikan kesejahteraan rakyat Indonesia yang selama ini hanyalah sebuah angan-angan. kenapa aku bilang "angan-angan"? karena masih banyak cita-cita yang dimpi-impikan oleh founding fathers kita yang belum tercapai sampai saat ini. Pembangunan yang selama ini digembar-gemborkan pemerintah masih belum menyentuh pada seluruh lapisan masyrakat Indonesia, lihat saja nasib rakyat kita yang berada didaerah pedalaman dan perbatasan, bisa dikatakan masih sangat jauh dari kata-kata ‘sejahtera’. Pembangunan selama ini hanya terkonsentrasi di perkotaan besar saja, terutama di Pulau Jawa, padahal pulau Jawa hanyalah sepersekian persen dari total wilayah di Indonesia.
Kembali ke topik awal, sebagai mahasiswa Ilmu Administrasi Negara cita-cita saya ingin menjadi anggota DPD-RI, karena saya berambisi untuk membenahi segala ‘kesesatan’ dinegeri ini. Kedepannya ada beberapa hal yang ingin saya implementasikan ketika menjadi anggota DPD adalah:
1.      Pendidikan
-          Merenovasi gedung-gedung sekolah yang rusak dan tidak layak.
-   Mengusahakan dana beasiswa bagi putra daerah yang memiliki potensi dan mewajibkan ia kembali ke daerah setelah lulus dan membangun daerahnya.
-        Melengkapi fasilitas yang kurang dari sarana pendidikan seperti laboratorium dan perpustakaan.
-    Bekerjasama dengan PTN untuk mengirim tenaga-tenaga pengajar muda untuk diterjunkan ke daerah-daerah.
-          Memperhatikan kesejahteraan guru-guru dan pengajar.
2.      Kesehatan
-          Membangun fasilitas kesehatan yang memadai (Puskesmas, Posyandu) serta sarana dan prasarana kesehatan seperti ambulans dan dokter jaga.
-          Bekerjasama dengan PTN untuk mengirim tenaga-tenaga medis dan dokter muda untuk diterjunkan ke daerah-daerah.
-          Sering-sering mengadakan tes kesehatan gratis dan penyuluhan kesehatan di desa-desa tentang pola hidup sehat.
3.      Pariwisata
-          Membangun infrastuktur akses jalan menuju tempat yang memiliki potensi wisata.
-          Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata daerah untuk mengadakan event-event yang menarik wisatawan dengan mengunggulkan potensi daerah.
-          Memberi pelatihan warga sekitar wisata untuk mengolah dan memasarkan kerajinan khas setempat.
4.      Ekonomi
-          Memeberdayakan dan memfasilitasi kebutuhan Usaha Kecil Menengah milik masyarakat.
-          Menggandeng Koperasi dan Dinas perindustrian dan UKM untuk memberikan pelatihan tentang wirausaha.
-          Mengundang investor-investor dalam negeri dan memperkenalkan potensi yang bisa dikembangkan.
-          Membangun infrastruktur jalan sebagai syarat utama masuknya investor ke daerah.
-          Membangun sentra kawasan ekonomi dan bisnis sebagai penunjang dipusat kota.
Semua program tersebut tidaklah mungkin bisa diimplementasikan jika tidak ada sinergi dari pihak-pihak lain seperti: masyarakat, pemerintah daerah serta unsur swasta sebagai pelaku kegiatan nantinya.
Semua hal ini memang terdengar tidak mungkin akan diimplementasikan semua, namun setidaknya itulah cita-cita saya ketika saya duduk di kursi DPD. Kesejahteraan daerah menjadi visi dan misi saya untuk jadi anggota DPD.


4 komentar:

Lotaflowa PriscaCindy mengatakan...

'mantapp .. lanjutkan :D

Haikal Alvarez mengatakan...

hehe.
Makasih 'lotaflowa'..

Une We mengatakan...

wow, detail sekali. semoga menang, brader. Sukses dan salam kenal.

Haikal Alvarez mengatakan...

Amiin, thanks brother... :)